Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

referat autism

Go down

referat autism Empty referat autism

Post by fitrah Fri May 20, 2016 11:08 pm

REFERAT
MANAJEMEN AUTISME



Oleh :
Fitrah
H1AP10001

Pembimbing :
dr. Lucy Marturia Bangun, SpKJ




KEPANITERAAN KLINIK ILMU PSIKIATRI
RSKJ SOEPRAPTO BENGKULU
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER
FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS BENGKULU
BENGKULU
2016


BAB I
PENDAHULUAN

ASD (Autism Spectrum Disorders) atau autistic disorder telah didefinisikan oleh APA (American Psychiatric Assotiation) merupakan gangguan atau kecacatan perkembangan dengan karakteristik abnormalitas dalam komunikasi verbal dan non verbal, perilaku berulang dan kerusakan interaksi sosial,. Autistik adalah kondisi yang menggambarkan individu yang seolah-olah mereka hidup dalam dunianya sendiri. Di dalam PPDGJ III (Pedoman Penggolongan dan Diagnosis Gangguan Jiwa di Indonesia III) gangguan spektrum autisme disebut sebagai Autisme Masa Kanak. Gejala-gejala gangguan autistik secara klinis dapat dilihat dalam 3 tahun pertama kehidupan dan menetap sepanjang kehidupan.12
Gangguan autistik terjadi akibat gangguan neurobiologis yang memengaruhi fungsi otak sedemikian rupa sehingga anak tidak mampu berinteraksi dan berkomunikasi secara efektif. Karena berbeda individu dengan autisme mempunyai ciri dan tingkat keparahan gejala yang sangat berbeda, autisme disebut sebagai suatu “spektrum” gangguan, yaitu sekelompok gangguan dengan cakupan ciri yang serupa. Oleh karena itu muncul istilah ASDs (Autism Spectrum Disorders) atau GSA (Gangguan Spektrum Autism)6
Autisme mempengaruhi sekitar 0,5 -1 dalam 1000 anak dengan rasio antara laki-laki dan wanita 4:1. Menurut suatu studi, autisme meningkat pada populasi kanak-kanak. Pada tahun 1966, 4-5 bayi per 10.000 kelahiran berkembang menjadi autisme, sedangkan pada tahun 2003, dua studi menunjukkan bahwa antara 14-39 bayi per 10.000 terjadi perkembangan gangguan tersebut. Meskipun tidak ada pertanyaan yang lebih banyak kasus klinis yang terdeteksi, peningkatan prevalensi autisme di perdebatkan sebagai praktek diagnostik telah berubah selama bertahun-tahun dan telah berubah evaluasi kasus yang sebelumnya tidak dikenal.3



BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
AUTISME


2.1 DEFINISI
Autisme merupakan gangguan perkembangan fungsi otak yang mencakup bidang afek dan sosial, komunikasi verbal dan non-verbal, imajinasi, fleksibilitas, lingkup interest (minat), kognisi dan atensi, ini merupakan suatu kelainan dengan ciri perkembangan yang terlambat atau yang abnormal dari hubungan sosial dan bahasa.9
Autisme secara tipikal ditandai sebagai bagian dari kelompok gangguan yang terdiri dari sindrom Asperger (AS) dan gangguan menetap / pervasive developmental disorders (PDD) lainnya. AS dibedakan dari gangguan autistik oleh keterlambatan yang bermakna secara klinik dalam perkembangan bahasa (1 kata pada umur 2 tahun), selain gejala-gejala kegagalan interaksi sosial dan tingkah laku, perhatian/aktifitas yang terbatas dan berulang yang menandai “autism-spectrum disorders” (ASDs). PDD digunakan untuk mengkategorikan anak-anak yang kriterianya kurang sesuai untuk autisme tetapi mereka sangat mendekati diagnosis autisme dengan 2-3 gejala autisme. Autisme infantil (autisme pada masa anak-anak) adalah PDD yang awitannya muncul sebelum umur 30-36 bulan dan kegagalan pada interaksi sosial dan komunikasi berhubungan dengan pola tingkah laku yang terbatas, berulang (repetisi) dan stereotipi.4
Adapun gangguan-gangguan yang timbul pada penderita autisme dapat meliputi berbagai bidang, diantaranya:5
1. Gangguan dalam bidang komunikasi verbal maupun non verbal.
• Terlambat bicara atau tidak dapat bicara.
• Mengeluarkan kata-kata yang tak dapat dimengerti oleh orang lain yang sering
disebut sebagai “bahasa planet”.
• Tidak mengerti dan tidak menggunakan kata-kata dalam konteks yang sesuai.
• Meniru (ekolalia) tanpa mengerti artinya.
• Kadang bicaranya monoton seperti robot dan mimik datar.

2. Gangguan dalam bidang interaksi sosial.
• Menolak atau menghindar untuk bertatap mata.
• Tidak menoleh bila dipanggil, sehingga sering dikira mengalami ketulian.
• Merasa tidak senang bila dipeluk.
• Tidak ada usaha untuk melakukan interaksi dengan orang.
• Bila menginginkan sesuatu maka ia menarik lengan orang yang terdekat dan
mengharapkan tangan tersebut melakukan sesuatu untuknya.
• Bila didekati untuk bermain justru menjauh.
• Tidak berbagi kesenangan dengan orang lain.
3. Gangguan dalam bidang perilaku dan bermain.
• Umumnya seperti tidak mengerti cara bermain.
• Anak dapat terlihat hiperaktif (tidak bisa diam, melompat, berputar), sehingga
sering salah diagnosis dengan ADHD (attention deficit hyperactivity disorder).
• Kadang anak terlalu diam (duduk diam dengan tatapan mata yang kosong).
4. Gangguan dalam bidang perasaan/emosi.
• Tidak ada atau kurangnya rasa empati.
• Tertawa-tawa sendiri, menangis atau marah tanpa sebab yang nyata.
• Sering mengamuk tak terkendali (temper tantrum), terutama bila tidak bisa
mendapatkan apa yang diinginkan, bahkan bisa menjadi agresif dan destruktif.
5. Gangguan dalam persepsi sensoris.
• Mencium-cium, menggigit atau menjilat mainan atau benda apa saja.
• Bila mendengar suara keras langsung menutup telinga.
• Tidak menyukai rabaan atau pelukan. Bila digendong cenderung merosot untuk
melepaskan diri dari pelukan.
• Merasa sangat tidak nyaman bila memakai pakaian dari bahan tertentu.

2.2 PREVALENSI
Autisme terdapat pada semua negara di dunia, serta tidak memandang ras, etnis, agama, maupun latar belakang sosial ekonomi.9 Secara global prevalensinya berkisar 5 per 10.000 penduduk, dan pengidap autisme laki-laki lebih banyak dibandingkan wanita (lebih kurang 4 kalinya). Pada wanita seringkali lebih berat dan ditemukan adanya riwayat keluarga dengan gangguan kognitif.14 Autisme mempengaruhi sekitar 0,5 -1 dalam 1000 anak dengan dengan rasio antara laki-laki dan wanita 4:1. Menurut suatu studi, autisme meningkat di populasi kanak-kanak. Pada tahun 1966, 4-5 bayi per 10.000 kelahiran dikembangkan autisme, sedangkan pada tahun 2003, dua studi menunjukkan bahwa antara 14-39 bayi per 10.000 mengembangkangangguan tersebut. Meskipun tidak ada pertanyaan yang lebih banyak kasus klinis yang terdeteksi, peningkatan prevalensi autisme di perdebatkan sebagai praktek diagnostik telah berubah selama bertahun-tahun dan telah berubah evaluasi kasus yang sebelumnya tidak dikenal.Di Indonesia belum ada angka yang tepat mengenai angka kejadian autisme.11

2.3 ETIOLOGI
Autisme bukanlah gangguan fungsional semata, namun didasari oleh gangguan organik dalam perkembangan otak.9 penyebab spesifik dari autisme pada 90-95% adalah tidak diketahui.12 Sehingga penanganan maupun riset autisme ini melibatkan banyak bidang, baik kedokteran, pendidikan, psikologi, sosial dan sebagainya.9 Ada beberapa bukti yang sudah terkumpul untuk mendukung penyebab autisme:14
1. Faktor psikodinamik dan keluarga.
2. Kelainan organik-neurologik-biologik.
3. Faktor genetik.
4. Faktor imunologik.
5. Faktor perinatal.
6. Faktor neuroanatomi.
7. Faktor biokimia.
Secara umum autisme disebabkan adanya gangguan perkembangan “neurobiologik” yang mengakibatkan adanya gangguan struktur maupun fungsi otak. Beberapa bagian otak yang diduga terlibat dalam autisme adalah amigdala, yaitu pusat pengendalian emosional terhadap rangsangan dari luar dan hipokampus yang penting dalam fungsi memori. sel-sel saraf yang terdapat di amigdala ditemukan bentuknya kecil, abnormal dan tampak lebih padat dibanding sel normal. Dari hasil penelitian juga ditemukan adanya sirkulasi darah yang lebih lambat pada beberapa bagian lapisan luar otak (korteks), dan menurunnya jumlah sel yang bertugas meneruskan sinyal-sinyal penghambat ferakan tubuh yang berpusat di otak kecil (serebelum) ke korteks. Dengan foto MRI didapat gambaran pengisutan (hipoplasi) serebelum dan sisterna limbik. Tanda-tanda ini mengarahkan para ahli pada suatu hipotesis, bahwa awal terjadinya autisme infantil adalah sebelum lahir.8
Akhir-akhir ini ditemukan bahwa pada otak penderita autisme, secara makroskopis ukuran otaknya lebih besar dibanding normal. Dicurigai pembesaran ini karena kegagalan proses perampingan/pemangkasan sel-sel saraf (apoptosis) yang tidak diperlukan lagi pada saat perkembangan otak berlangsung. Jawaban yang lebih pasti dan rinci atas pertanyaan dimana dan bagaimana bentuk gangguan otak anak autisme sampai sekarang belumlah ada.8
Pada pemeriksaan menggunakan PET ditemukan penurunan sintesis 5-HT di korteks dan thalamus. Namun di plasma maupun di platelet ditemukan peningkatan kadar serotonin yang bisa mencapai 25%. Diperkirakan bahwa gangguan metabolisme serotonin sangat berperan dalam patologi autisme. Menurunkan triptofan dengan menginhibisi pengambilan kembali 5-HT adalah salah satu usaha untuk memperbaiki simptom autisme.11
Peningkatan opioid endogen ada kaitannya dengan perilaku melukai sendiri dan ini akan berkontribusi ke simptom lain dari autisme melalui serotoninergik dan aksis hypothalamic-pituitary adrenal (HPA) secara tidak langsung sehingga terjadi sekresi proopiomelanokortin, kortisol dan oksitosin. Defisiensi melatonin menyebabkan gangguan tidur.11

2.4 GAMBARAN KLINIS
E. KARAKTERISTIK ANAK AUTIS
1. Karakteristik dalam interaksi sosial
a. Menyendiri (aloof): terlihat pada anak yang menarik diri, acuh tak acuh, dan kesal bila diadakan pendekatan sosial serta menunjukkan perilaku dan perhatian yang terbatas (tidak hangat).
b. Pasif : dapat menerima pendekatan sosial dan bermain dengan anak lain jika pola permaiannya disesuaikan dengan dirinya.
c. Aktif tapi aneh: secara spontan akan mendekati anak lain, namun interaksi ini seringkali tidak sesuai dan sering hanya sepihak.
2. Karakteristik dalam komunikasi antara lain adalah :
a. Bergumam
b. Sering mengalami kesukaran dalam memahami arti kata-kata dan kesukaran dalam mengggunakan bahasa dalam konteks yang sesuai dan benar
c. Sering mengulang kata-kata yang baru saja mereka dengar atau yang pernah mereka dengar sebelumnya tanpa bermaksud untuk berkomunikasi
d. Bila bertanya sering menggunakan kata ganti orang dengan terbalik, seperti "saya" menjadi "kamu" dan menyebut diri sendiri sebagai "kamu";
e. Sering berbicara pada diri sendiri dan mengulang potongan kata atau lagu dari iklan tv dan mengucapkannya di muka orang lain dalam suasana yang tidak sesuai.
f. Penggunaan kata-kata yang aneh atau dalam arti kiasan, seperti seorang anak berkata "sembilan" setiap kali ia melihat kereta api.
g. Mengalami kesukaran dalam berkomunikasi walaupun mereka dapat berbicara dengan baik, karena tidak tahu kapan giliran mereka berbicara, memilih topik pembicaraan, atau melihat kepada lawan bicaranya.
h. Bicaranya monoton, kaku, dan menjemukan.
i. Kesukaran dalam mengekspresikan perasaan atau emosinya melalui nada suara
j Tidak menunjukkan atau memakai gerakan tubuh untuk menyampaikan keinginannya, tetapi dengan mengambil tangan orangtuanya untuk mengambil obyek yang dimaksud
k. Mengalami gangguan dalam komunikasi nonverbal; mereka sering tidak menggunakan gerakan tubuh dalam berkomunikasi untuk mengekspresikan perasaannya atau untuk merabarasakan perasaan orang lain, misalnya menggelengkan kepala, melambaikan tangan, mengangkat alis, dan sebagainya.
3. Karakteristik dalam perilaku dan pola bermain
a. Abnormalitas dalam bermain, seperti stereotip, diulang-ulang dan tidak kreatif
b. Tidak menggunakan mainannya dengan sesuai
c. Menolak adanya perubahan lingkungan dan rutinitas baru
d. Minatnya terbatas, sering aneh, dan diulang-ulang
e. Hiperaktif pada anak prasekolah atau sebaliknya hipoaktif
f. Gangguan pemusatan perhatian, impulsifitas, koordinasi motorik terganggu, kesulitan dalam melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari
4. Karakteristik kognitif
a. Hampir 75-80% anak autis mengalami retardasi mental dengan derajat rata-rata sedang.
b. Sebanyak 50% dari idiot savants (retardasi mental yang menunjukan kemampuan luar biasa) adalah seorang penyandang autisme.

2.5 DIAGNOSIS

Kriteria diagnostik untuk gangguan autistik14

A. Total enam atau lebih hal dari 1, 2 dan 3 dengan sekurangnya dua dari 1 dan masing-masing satu dari 2 dan 3.

1. Gangguan kualitatif dalam interaksi sosial seperti ditujukan oleh sekurangkurangnya dua dari berikut:

a) Gangguan jelas dalam penggunaan perilaku nonverbal multipel seperti tatapan mata, ekspresi wajah, postur tubuh dan gerak-gerik untuk mengatur interaksi sosial.

b) Gagal untuk mengembangkan hubungan dengan teman sebaya yang sesuai menurut tingkat perkembangan.

c) Tidak adanya keinginan spontan untuk berbagi kesenangan, minat, atau pencapaian dengan orang lain (misalnya tidak memamerkan, membawa, atau menunjukkan benda yang menarik minat).

d) Tidak ada timbal balik sosial atau emosional.

2. Gangguan kualitatif dalam komunikasi seperti yang ditujukkan oleh sekurangnya satu dari berikut:

a) Keterlambatan dalam atau sama sekali tidak ada, perkembangan bahasa ucapan (tidak disertai oleh usaha untuk berkompensasi melalui cara komunikasi lain seperti gerak-gerik atau mimik).

b) Pada individu dengan bicara yang adekuat gangguan jelas dalam kemampuan untuk memulai atau mempertahankan percakapan dengan orang lain.

c) Pemakaian bahasa atau bahasa idiosinkratik secara stereotipik dan berulang.

d) Tidak adanya berbagai permainan khayalan atau permainan pura-pura sosial yang spontan yang sesuai menurut tingkat perkembangan.

3. Pola perilaku, minat, dan aktivitas yang terbatas, berulang, dan stereotipik, seperti ditunjukkan oleh sekurangnya satu dari berikut :

a) Preokupasi dengan satu atau lebih pola minat yang stereotipik dan terbatas, yang abnormal baik dalam intensitas maupun fokusnya.

b) Ketaatan yang tampaknya tidak fleksibel terhadap rutinitas atau ritual yang spesifik dan nonfungsional.

c) Manerisme motorik stereotipik dan berulang (misalnya menjentikkan, atau memuntirkan tangan atau jari atau gerakan kompleks seluruh tubuh).

B. Keterlambatan atau fungsi abnormal pada sekurangnya satu bidang berikut dengan onset sebelum usia 3 tahun :

1. Interaksi sosial.

2. Bahasa yang digunakan dalam komunikasi sosial.

3. Permainan simbolik atau imaginatif.

C. Gangguan tidak lebih baik diterangkan oleh gangguan Rett atau gangguan disintegratif masa anak-anak.


2.6 PROGNOSIS
Prognosa untuk penyandang autis tidak selalu buruk. Bagi banyak anak, gejala autisme membaik dengan pengobatan dan tergantung pada umur. Beberapa anak autis tumbuh dengan menjalani kehidupan normal atau mendekati normal. Anak-anak dengan kemunduran kemampuan bahasa di awal kehidupan, biasanya sebelum usia 3 tahun, mempunyai resiko epilepsi atau aktivitas kejang otak. Selama masa remaja, beberapa anak dengan autisme dapat menjadi depresi atau mengalami masalah perilaku. Dukungan dan layanan tetap dibutuhkan oleh penderita autis walaupun umur bertambah, tetapi ada pula yang dapat bekerja degan sukses dan hidup mandiri dalam lingkungan mendukung.4

BAB III
TINJAUAN PUSTAKA
MANAGEMENT AUTISME

Pengelolaan anak dengan autisme infantil memerlukan pendekatan lintas sektoral, agar anak bisa berkembang optimal dan hidup mandiri.12 Yang perlu ditekankan bahwa tidak ada satu metode pun yang dewasa ini dapat menyembuhkan autisme, namun hanya mengembangkan potensi dasar anak le arah yang optimal.9
“Penyembuhan” seorang anak dimulai dengan diagnosa dini yang tepat. Diagnosa yang salah akan sangat merugikan anak tersebut, oleh karena dengan tatalaksana yang tidak tepat anak tak akan mendapatkan kemajuan yang diinginkan. Setelah seorang anak terdiagnosa dengan autisme, maka secepat mungkin harus dilakukan intervensi dini. Sangatlah penting bahwa anak mendapatkan stimulasi semaksimal mungkin dan keluar dari “dunianya”. Kemudian dilakukan assessment yang lengkap pada anak tersebut untuk mengetahui taraf gangguan perkembangan yang dideritanya, untuk kemudian mendapatkan terapi sesuai kebutuhannya.18
Secara garis besar penanganan autisme dapat dibagi dalam beberapa kelompok sebagai berikut:
3.1. NON MEDIKAMENTOSA
3.1.1. TERAPI PERKEMBANGAN / INTERVENSI DINI
Para ahli menemukan bahwa anak autisme paling baik belajar pada lingkungan yang mengembangkan minat dan ketrampilan mereka dengan cara merujuk kebutuhan-kebutuhan mereka, berupa intervensi yang konsisten dan terstruktur sesuai tingkat perkembangan anak.9 Hal-hal yang esensial antara lain metode pembelajaran yang terstruktur untuk memberikan perhatian terhadap stimuli lingkungan, orang lain, imitation motorik dan verbal, penggunaan bahasa, bagaimana cara bermain dengan mainan dan cara berinteraksi sosial dengan yang lain.12 Aktivitas latihan fisik di kelompok membantu mereka untuk mengembangkan keseimbangan tubuh, koordinasi dan ketrampilan motorik. Pada saat istirahat (snack time), pelatih mendorong interaksi sosial anak, misalnya dengan mengembangkan model penggunaan bahasa bagaimana cara minta tambahan snack, dan sebagainya. Jadwal yang konsisten membuat anak autisme dapat merencanakan aktivitas harian mereka berdasarkan pengalaman-pengalaman yang diperoleh.9 Diperlukan perhatian yang optimal dari para “pelatih”, perbandingan antara pelatih dengan penyandang autisme yang diharapkan adalah 1:2 atau 1:1.1,18

3.1.2. TERAPI PERILAKU
Gangguan perilaku pada autisme biasanya merupakan satu gejala yang membuat orangtua menyadari bahwa anaknya berbeda perkembangannya dengan anak lain seusianya. Selain hiperaktivitas, impulsivitas, gerakan stereotiik, cara bermain yang tidak sama dengan anak lain, juga adanya agresivitas, temper tantrum dan perilaku yang cenderung melukai diri sendiri. Kondisi ini sangat menguras tenaga maupun psikis orang-orang disekitarnya.7
Pendekatan perilaku bertujuan untuk mengurangi stereotipi, kekakuan, agresifitas dan self injury behaviour. Terapi perilaku ini juga disesuaikan untuk masing-masing anak sesuai dengan gangguannya.12 Apapun metodenya sebaiknya sesegera dan seintensif mungkin, Sebaiknya memang dilakukan terpadu dengan terapi-terapi lain, apabila terdapat perilaku yang sulit dikendalikan, mungkin intervensi medikamentosa diperlukan terlebih dahulu, agar anak dapat diberi terapi yang lain.7
Bila seseorang mendapat “reward” yang menyenangkan atas apa yang dilakukannya (aktifitas atau perilaku tertentu), maka akan cenderung untuk mengulangi atau melanjutkan perilaku/aktifitas tersebut. Dasar inilah yang dikembangkan menjadi suatu metode terapi oleh Dr. O. Ivar Lovaas sejak ± 28 tahun silam. Metode tersebut bercirikan sangat intensif dalam waktu, terstruktur dan melalui tahap-tahap ulangan dimana anak diberikan suatu perintah dan senantiasa mendapat “reward” bila mengerjakannya dengan benar. Metode ini dapat diterapkan dalam toilet training pada anak dengan autisme. 9
Untuk mencapai tujuan yang telah disebutkan diatas, kita harus mencapai tujuan antara, yaitu berbagai kemampuan perilaku yang terdiri dari:14
• Komunikasi dua arah secara aktif, artinya anak harus mampu memulai suatu topik
pembicaraan lebih dahulu secara aktif.
• Sosialisasi ke dalam setiap lingkungan, dimulai dengan lingkungan keluarga dan
teman-temannya.
• Menghilangkan atau meminimalkan perilaku autistiknya.
• Kemampuan (pre)akademik, sesuai dengan perkembangan umur dan kecerdasan
(IQ)nya.
• Kemampuan bantu diri (bina diri) yang memadai, sehingga mampu merawat diri
sendiri secara mandiri.
Untuk mencapai tujuan antara ini, dengan sendirinya setiap anak harus mampu menguasai kemampuan-kemampuan perilaku dasar, seperti: kepatuhan, kontak mata, menirukan, bahasa reseptif (kognitif) dan bahasa ekspresif. Dengan memiliki kemampuan-kemampuan dasar dari perilaku ini, diharapkan anak akan lebih mudah dan lancar menerima pelatihan perilaku yang semakin kompleks.14

3.1.3. TERAPI WICARA
Keterlambatan dan abnormalitas dalam berbahasa dan berbicara merupakan keluhan yang sering diajukan para orangtua, hampir 100% mengalami hal ini. Komunikasi non verbal juga mengalami gangguan, sering tidak dapat menggunakan gerakan tubuh dalam berkomunikasi, seperti menggeleng, mengangguk, menunjuk, melambai dan mengangkat alis.10
Intervensi dalam bentuk terapi wicara perlu dilakukan, seperti diketahui bahwa tidak semua individu dengan autisme akan dapat berkomunikasi dengan cara verbal, sekitar 25-10% kemungkinan tetap non verbal. Terapi wicara yang diberikan pada individu dengan autisme berbeda dengan gangguan lain, sehingga diperlukan pengetahuan yang baik mengenai ciri-ciri bicara dan berbahasa anak autistik. Terapi ini harus diberikan sejak dini dan dengan intensif, bersama dengan terapi-terapi yang lain.7

3.1.4. TERAPI EDUKASI
Hambatan pada individu dengan autisme terutama pada interaksi sosialnya. Hal ini akan berlanjut bila tidak segera ditangani pada usia sekolah, anak akan mengalami kesulitan dalam berkomunikasi, bersosialisasi dengan lingkungan barunya (teman, guru). Oleh karena itu sebaiknya anak sesegera mungkin dikenalkan dengan lingkungannya.7
Intervensi dalam berbagai bentuk pelatihan ketrampilan sosial, ketrampilan sehari-hari agar anak jadi mandiri (self care). Berbagai metode pengajaran telah diuji cobakan pada gangguan ini. Antara lain metode TEACCH (Treatment and Education of Autistic and Related Communication Handicapped Children). Dikembangkan oleh Eric Schopler pada awal tahun 1970an, merupakan suatu sistem pendidikan khusus untuk anak dengan autisme, di School of Psychiatry at the University of North Carolina in Chapel Hill. Metode ini merupakan suatu program yang sangat terstruktur yang mengintegrasikan metode klasikal yang individual, metode pengajaran yang sistematik, terjadwal dan dalam ruang kelas yang ditata secara khusus.7

3.1.5. TERAPI OKUPASI
Ketrampilan motorik pada individu dengan autisme sering terganggu, baik motorik kasar maupun halus. Diperlukan intervensi terapi okupasi / fisik agar individu dengan autisme dapat melakukan gerakan, memegang, menggunting, menulis, melompat dengan terkontrol dan teratur sesuai kebutuhan saat itu.7

3.1.6. AIT (Auditory Integration Training)
Banyak individu dengan autisme mengalami hipersensitivitas terhadap suara dan mengganggu pendengaran mereka, Mereka sering tampak menutup telinga dengan kedua tangan bila mendengar nada suara tertentu, yang untuk orang lain tidak menimbulkan masalah. Suara-suara tersebut dapat sedemikian “menyakitkan”, sehingga mereka dapat berteriak, menjerit tiba-tiba, tetapi setelah suara-suara tersebut hilang, mereka kembali biasa seperti tidak pernah terjadi sesuatu. Contoh: suara pengering rambut, mesin cuci, penyedot debu, mixer, bahkan suara microwave.7
Pada intervensi AIT awalnya ditentukan suara yang mengganggu pendengaran dengan perangkat audiometer. Lalu diikuti dengan seri terapi yang memperdengarkan suara-suara yang direkam, tapi tidak disertai dengan suara yang menyakitkan. Selanjutnya dilakukan desensitisasi terhadap suara-suara yang menyakitkan tersebut.7
Berbagai jenis terapi lain telah dicoba dan dikembangkan seperti: holding therapy, brain gym, visual therapy, aversive therapy, dan lain-lain. Yang patut diingat adalah semua terapi pada dasarnya adalah baik, namun harus dipertimbangkan sesuai atau tidak sesuai dengan si anak.7

3.1.7. INTERVENSI KELUARGA
Yang dimaksud keluarga disini bisa hanya keluarga inti (ayah + ibu, ayah atau ibu saja + anak-anak), namun dapat pula ditambah dengan anggota keluarga lain yang memiliki pengaruh pada pengasuhan seorang anak, bisa kakek atau nenek, paman atau bibi, dan lainnya.7
Pada dasarnya anak hidup dalam keluarga, perlu bantuan keluarga baik perlindungan, pengasuhan, pendidikan maupun dorongan untuk dapat tercapainya perkembangan yang optimal dari seoang anak, mandiri dan dapat bersosialisasi dengan lingkungannya. Untuk itu dibutuhkan keluarga yang dapat berinteraksi positif satu sama lain (antar anggota keluarga) dan saling mendukung. Oleh karena itu pengolahan keuarga dalam kaitannya dengan manajemen terapi menjadi sangat pentin, tanpa dukungan keluarga rasanya sulit sekali kita dapat melaksanakan terapi apapun pada individu dengan autisme.7

3.1.8. PERBAIKAN METABOLISME
Gangguan pencernaan harus diperbaiki dengan menyeimbangkan lagi flora usus, dengan membasmi jamur atau kuman patologis yang ditemukan pada pemeriksaan feses. Kemudian sangat penting untuk memberi tambahan lacyobacillus untuk mencegah tumbuhnya jamur secara berlebihan. Multiple food allergi harus diperbaiki dengan diet yang ketat, hindari makan yang menyebabkan alergi pada anak tersebut.18

3.1.9. TERAPI DIET
Anak-anak autisme pada umumnya menderita multiple food allergy. Hal ini akan terungkap bila dilakukan pemeriksaan darah untuk “comprehensive food allergy”. Protein dari susu sapi (casein) dan gandum (gluten) adalah rangkaian asam amino yang sulit dicerna. Bila pencernaan anak sempurna maka casein maupun gluten akan dilepas seluruh rantainya sehingga terjadilah asam amino yang kemudian diserap oleh tubuh guna pertumbuhan. Namun bila pencernaan tidak sempurna, maka rantai tersebut tak lepas seluruhnya. Masih ada rantai pendek, 2 atau 3 asam amino yang bergandengan yang disebut peptide.18
Sebagiaan dari peptide masuk aliran darah, kemudian dikeluarkan dengan urin, namun sebagian masuk ke otak, menembus sawar otak. Di otak peptide tersebut disergap oleh opioid-receptor dan kemidian berfungsi seperti morphin. Hal ini mempengaruhi aspek perilaku, atensi, kognisi dan sensoris anak.Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk tidak mengkonsumsi susu sapi dan tepung terigu. Anak dibiasakan makanan yang lebih sehat dan variatif sehingga kebutuhan gizi tetap terpenuhi.18

3.1.10. DETOKSIFIKASI LOGAM BERAT
Logam berat yang neurotoksik dengan kadar yang tinggi seperti Hg dan Pb, harus dikeluarkan dengan cara detoksifikasi. Bila logam berat itu tidak dikeluarkan, maka kerusakan sel-sel otak akan teruis berlanjut. Sebelum melakukan detoksifikasi, seluruh metabolisme tubuh harus diperbaiki dahulu, terutama keadaan traktus gastrointestinal. Jenis detoks yang dilakukan sebaiknya yang tidak menimbulkan trauma pada anak dan dengan efek samping yang minimal, yaitu dengan dikonsumsi per oral saja. Lamanya detoks tergantung dari kadar keracunan si anak. Bila kadar keracunan berat maka bisa sampai 2 tahun lamanya.18
Di Indonesia hal ini sudah mulai dilakukan, namun baru beberapa bulan terakhir saja. Dimana pengeluaran logam berat yang dilakukan masih dalam taraf pengeluaran logam yang dalam tubuh sehingga belum bisa dilihat benar kemajuan yang dicapai pada anak. Pada taraf detoks berikutnya baru dikeluarkan logam berat dari otak. Menurut laporan di Amerika, detoks mempunyai efek yang sangat dramatis, terutama pada anak-anak yang timbulnya gejala autisme dipacu oleh keracunan logam berat.18

3.1.11. TERAPI SENSORI INTEGRASI
Terapi sensori integrasi adalah pengorganisasian informasi melalui sensori-sensori (sentuhan, gerakan, kesadaran tubuh dan gravitasinya, penciuman, pengecapan, penglihatan dan pendengaran) yang sangat berguna untuk menghasilkan respons yang bermakna.15
Terapi sensori integrasi seperti yang dianjurkan oleh DR. Ayres, dilakukan dalam ruang terapi khusus. Dalam ruangan tersebut tersedia berbagai alat yang dapat memfasilitasikan aktifitas-aktifitas yang akan memberi masukan input-input sensorik, mendukung terjadinya respons adaptif dan memperbaiki fungsi batang otak dan talamus.7
Setiap anak memiliki masalah yang berbeda sehingga aktivitas yang diberikan pun berbeda dari anak yang satu dengan lainnya. Pemberian aktivitas disesuaikan dengan kondisi anak yang bersangkutan. Pada pendekatan sensori integrasi, okupasi terapi harus bekerja berdasarkan urutan perkembangan, stabilitas digunakan srbagai dasar untuk meningkatkan mobilitas. Urutan yang harus diikuti adalah:15
1. Kemampuan untuk mempertahankan dalam posisi awal.
2. Meningkatkan stabilitas pada posisi yang telah dicapai.
3. Kemampuan untuk bergerak dari posisi gerakan lurus.
4. Integrasi gerakan yang telah dikuasai dengan gerakan rotasi.
Terapi sensori integrasi dapat memperbaiki fungsi otak anak-anak dengan autisme, sehingga perilaku anak-anak tersebut jadi membaik dan lebih adaptif. Setelah terapi sensori integrasi ini berhasil, anak dapat memproses berbagai informasi sensorik yang kompleks dengan lebih baik. Maka anak akan mampu menyimak dan merespons usaha orang tua atau pengasuhnya untuk melakukan interaksi sosial dan selanjutnya membantu perkembangan emosi dan kognitifnya. Tentu saja hal-hal tersebut akan memberikan pengaruh yang besar bagi kemampuan anak untuk melakukan berbagai aktifitas sehari-hari.7
Masalah regulasi seperti pola tidur, pola makan dan eliminasi, biasanya paling dahulu berkurang pada bulan-bulan pertama terapi. Perbaikan dalam fungsi yang mendasar ini seringkali diikuti dengan perbaikan kesahatan anak secara keseluruhan dan anak tampil lebih ”cerah”, nada ekspresi muka jadi lebih bervariasi dan anak lebih terbuka untuk diajak berinteraksi; meskipun pada mulanya hanya berupa interaksi singkat pada tahap non verbal. Kemajuan dalam dorogan untuk melakukan interaksi ini biasanya mulai terlihat pada munculnya ”joint attention”. Maka anak jadi lebih mudah diajari, karena menarik perhatian si anak menjadi lebih mudah.7


3.1.12. SNOEZELEN
Snoezelen adalah sebuah aktivitas yang dirancang untuk mempengaruhi sistem saraf pusat (SSP) melalui pemberian stimuli yang cukup pada sistem sensori primer seperti penglihatan, pendengaran, peraba, perasa lidah dan pembau, juga pada sistem sensori internal seperti vestibular dan proprioseptif dalam rangka mencapai maksud relaksasi atau aktivasi pada seseorang dengan tujuan memperbaiki kualitas hidupnya. Kondisi untuk mencapai sesi snozolen yang optimum:17
• The right fundamental attitude.
Anak yang akan melakukan aktivitas, sedangkan terapis melakukan aktivitas, mengobservasi dan memberikan arahan (bukan memaksa).
• The right guidance.
Terapis bersikap respek dan memberikan dorongan atau membesarkan hati atau semangat anak.
• The right atmosphere.
Menciptakan suasana yang cocok dengan kebutuhan anak.
• Offering stimuli in a selective way.
Menciptakan stimuli yang aman dan menghilangkan stimuli yang kontradiksi dengan kebutuhan anak.
• The right direction.
Durasi bergantung pada reaksi anak di ruang snoezelen.
• Repetition.
Diperbolehkan bagi anak mengulang aktivitas dengan objek yang sama.
• The possibility to determine the speed.
Anak memiliki waktu yang cukup untuk mengindetifikasi stimuli yang berbeda.

3.1.13. OLAH MUSIK
Aktivitas utama anak-anak pada umumnya adalah bermain. Lingkungan dan suasana yang menyenangkan dan familiar digunakan sebagai pendekatan yang mudah diterima oleh anak, yaitu menggabungkan kegiatan bermain dengan berolah musik.1
Dalam hal ini musik diperkenalkan melalui lagu atau bunyi, sehingga merangsang kemampuan pendengaran dan kemampuan verbal dengan menirukan lagu bunyi yang diperdengarkan. Selanjutnya, anak mendapatkan stimulasi untuk melakukan gerakan sesuai dengan irama lagu (melatih koordinasi tubuh). Suasana musikal yang dihasilkan dapat membantu terciptanya komunikasi dan interaksi sosial.1

3.1.14. TERAPI OROFARING
Pada penderita autisme organ sensoris tidak mampu melakukan proses registrasi dan modulasi informasi sensoris pada tahapan yang nyaman untuk anak. Anak ini akan belajar melalui informasi yang tidak terorganisir. Umpan balik sensoris tidak adekuat, membentuk lingkaran misinformasi yang akan mempengaruhi proses belajar oromotor, menghasilkan gerakan primitif dan kadangkala abnormal.16
Problem oromotor yang disebabkan oleh gangguan sensory processing hanyalah salah satu masalah yang dihadapi oleh penderita autisme, selain masalah defisit kognitif, komunikasi, sosial dan tingkah laku. Sehingga penanganan problem oromotor dapat dipisahkan dan harus terintegrasi dengan penanganan autisme secara keseluruhan. Tujuan penatalaksanaan problem oromotor adalah mempertahankan nutrisi peroral secara optimal, menghasilkan respon perilaku adaptif yang lebih fleksibel, terorganisir, terampil dan produktif. Kemampuan menghasilkan respon adaptif merupakan tanda independensi terhadap perubahan lingkungan.16
Ada berbagai pendekatan terapi yang dapat diaplikasikan, diantaranya: Metode Farber (1982), Moris dan Klein (1987), Ayres (1989), Glass dan Wolf (1992). Apapun jenis terapi yang akan diberikan hendaknya didasari pada pemahaman yang mendalam terhadap ilmu neuroanatomi dan neurofisiologi.16

3.1.15 TERAPI VIDEO GAME MINDLIGHT18
Baru-baru ini, telah menunjukkan bahwa video game memiliki potensi untuk meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan pada anak-anak dan remaja. Misalnya, Merry et al. menemukan bahwa video game 'Sparx' efektif dalam mengurangi gejala depresi di kalangan remaja di usia antara 12-19 tahun. Mereka menyimpulkan bahwa itu adalah alternatif yang potensial untuk perawatan biasa untuk remaja dengan gejala depresi dalam pengaturan perawatan primer dan bahwa hal itu dapat digunakan untuk mengatasi beberapa unmet de-mands untuk pengobatan. Baru-baru ini, permainan Mindlight serius (Playnice Institute) telah dikembangkan untuk pengobatan gangguan kecemasan pada anak-anak. Sebuah penelitian terbaru telah menguji efek dari Mindlight pada gejela kecemasan pada anak-anak sekolah.
Studi ini menunjukkan bahwa kedua kecemasan dari anak-anak yang bermain Mindlight sebagai kecemasan dari anak-anak yang bermain game kontrol secara signifikan menurun dari waktu ke waktu. Namun, tidak ada penelitian hingga saat ini meneliti efek dari permainan yang serius pada gejala kecemasan dari anak-anak dengan ASD.Mindlight memiliki tujuan untuk mengatasi kecemasan pada anak-anak dengan menggunakan beberapa mekanisme pengobatan. Pertama-tama, ia menggunakan teknik ex-posure, salah satu komponen pengobatan yang paling empiris divalidasi CBT untuk individu cemas. Saat terpapar, individu secara bertahap terkena isyarat mengancam. Dengan cara ini, mereka mendapatkan kebiasaan-uated isyarat tersebut dan akhirnya mereka mendapatkan lebih nyaman dan kurang cemas ketika sedang terkena kepada mereka. Selain itu, Mindlight menggunakan neurofeedback mecha-mekanisme-, yang efektif dalam mengurangi gejala kecemasan anak.
Mekanisme ini difokuskan pada mengatur tingkat gairah yang terkait dengan kecemasan melalui relaksasi dan konsentrasi. Akhirnya, perhatian Bias modi-fikasi yang tergabung dalam Mindlight, yang merupakan mekanisme terapi di mana anak-anak belajar untuk (a) disattend untuk mengancam isyarat dan mengalihkan perhatian dari orang-orang isyarat dan (b) fokus pada aspek positif dari environ-ment dalam pelayanan tujuan yang relevan. Ini adalah hipotesis bahwa Mindlight memiliki potensi untuk melayani sebagai intervensi baru yang efektif untuk anak-anak dengan Autism Spectrume Disorder (ASD) dan komorbiditas (sub) gejala kecemasan klinis, dan bahwa hal itu dapat mengatasi keterbatasan CBT. Pertama, diketahui bahwa anak-anak dengan ASD sering merasa afinitas dekat untuk teknologi dan permainan, yang berarti bahwa anak-anak berpartisipasi dan-pating mungkin intrinsik termotivasi untuk bermain game seperti Mindlight dalam terapi.
Selain itu, telah dilaporkan bahwa pelatihan berbasis komputer dapat menjadi alat yang efektif dalam pengobatan untuk anak-anak dengan ASD, karena karakter visual dan terstruktur yang. Mindlight menggunakan alat bantu visual dan informasi sensorik terstruktur untuk sebagian besar, baik untuk menciptakan sebuah 'menakutkan' paparan environ-ment dan untuk mengajarkan konsep pengobatan penting. Selanjutnya, Mindlight termasuk latihan dan eksposur sering peluang. Karena Mindlight bisa dimainkan berulang kali, dengan tingkat kesulitan meningkat sebagai anak-anak menjadi pemain yang lebih baik, ada banyak praktek dan eksposur yang terlibat dalam memainkan game ini. Akibatnya, kesenjangan antara pengetahuan dan perilaku mungkin sub-membantu mempercepat proses penurunan dan keterampilan koping kognitif dan emo-nasional yang efektif dapat automatized dan mungkin umum dengan praktek. Akhirnya, keterampilan terapi dapat dipraktekkan di rumah, yang berarti bahwa anak-anak memiliki akses yang lebih mudah untuk perawatan kesehatan mental. Dengan cara ini, daftar tunggu untuk terapi dapat menjadi lebih pendek dan biaya terapi dapat menurun ketika menerapkan permainan seperti Mindlight sebagai alat terapi dirumah.
Intervensi yang akan diteliti disebut Pikiran-light. Ini adalah video game yang ditujukan untuk anak-anak berusia 8-16 tahun dan didasarkan pada prinsip-prinsip terapi kognitif-perilaku (CBT) dan neurofeedback, yang intervensi berbasis bukti untuk anak-anak kecemasan-gangguan dan orang dewasa. Secara singkat, premis dari permainan ini adalah bahwa kecil Arthur yang tersisa di depan pintu sebuah rumah menakutkan oleh orang tuanya. Arthur harus belajar untuk menggunakan kekuatan batin sendiri untuk mengatasi ketakutan terbesarnya sehingga bayangan di dalam rumah dapat memegang kuasa atas dirinya. Dia bisa melakukannya dengan menggunakan Mindlight nya, gelembung cahaya yang bisa bersinar di lingkungan dan yang dapat dikendalikan oleh kekuatan batin sendiri. Ini 'kekuatan batin' akan diukur dengan headset neu-rofeedback, yang anak-anak akan menempatkan pada saat mereka akan bermain Mindlight. Ini catatan headset EEG menggunakan teknologi sensor kering, yang terdiri dari aktif dan referensi elec-trode. Sinyal yang diukur akan disaring dari Delta, Theta, Alpha dan gelombang Beta. Dalam Mindlight, espe-cially Alfa dan gelombang Beta akan digunakan untuk umpan balik real time. Penelitian telah menunjukkan bahwa headset Mindwave memiliki keandalan yang baik dan validitas [33], dan bahwa hal itu dapat digunakan dalam penelitian dengan anak-anak yang memiliki gangguan perkembangan
Dalam Mindlight, Alfa dan gelombang Beta akan digunakan dalam beberapa cara. Pertama-tama, gelombang Alpha yang direkam ulang memantulkan tingkat relaksasi anak. Fitur ini digunakan dalam teknik exposure (CBT) yang menanamkan-DED dalam permainan, ketika anak melihat mengancam rangsangan (misalnya monster) beberapa kali selama pertandingan dan belajar untuk mempertahankan tenang ketika menghadapi mereka, anak akhirnya akan terbiasa dengan mereka dan bisa mendapatkan poin lebih mudah. Selanjutnya, gelombang Beta tercatat mencerminkan de-gree konsentrasi dan alokasi perhatian pemain. konsentrasi terfokus memungkinkan pemain untuk memecahkan modifikasi perhatian Bias (ABM) teka-teki. ABM adalah protokol pelatihan yang berakar pada CBT dan yang didasarkan pada gagasan bahwa terdistorsi kognisi, terutama bias attentional ditandai dengan perhatian hiper ke-bangsal potensi ancaman, berperan dalam patogenesis kecemasan masa kanak-kanak. ABM telah terbukti reli-cakap mengurangi kecemasan dengan melatih sistem attentionaluntuk fokus pada rangsangan positif. Mindlight menggunakan prinsip ini dalam ABM-teka-teki, oleh anak-anak bermanfaat bagi berfokus pada aspek positif dari lingkungan (mea-sured oleh perangkat neurofeedback). Lebih khusus, mereka belajar untuk bergerak ke arah, dan cepat merespon, rangsangan positif (misalnya, potret wajah bahagia) dan disat-cenderung, atau mengalihkan perhatian dari, rangsangan negatif (misalnya, berarti wajah, mengancam hewan).
Hasil penelitian pembuktikan bahwa Mindlight efektif dalam mengurangi gejala kecemasan dari anak-anak dalam penelitian, dibandingkan dengan anak-anak dalam kondisi kontrol yang memainkan Tiga Town. Selain itu, diharapkan Mindlight lebih efektif daripada Tiga Kota di, dan berkuragnay laporan orang tua mengenai kecemasan anak.6

3.2. TERAPI MEDIKAMENTOSA
Obat hanyalah terapi pendamping, bukan yang utama. Perlu dinyatakan bahwa belum ada obat yang dapat menyembuhkan autisme.8,13 Obat dibutuhkan hanya untuk membantu mengatasi masalah-masalah yang timbul yang tidak dapat diatasi dengan metoda non obat, seperti hiperaktivitas, agresivitas, menyakiti diri dan insomnia.18 Atau bila metoda intervensi non obat dikombinasikan dengan obat, diharapkan intervensinya dapat maksimal.8 Obat-obat yang sering dipakai adalah:


3.2.1. STIMULAN10,13
Inatensi mungkin merupakan satu gejala yang mengganggu proses belajar. Harus dibedakan antara inatensi yang merupakan bagian dari gejala autisme dengan inatensi sebagai gejala gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas (ADHD).
• Deksamfetamin dan Levoamfetamin.
• Metilfenidat.
Dapat meningkatkan atensi dan mengurangi distraktibilitas. Dosis: 0,3 mg/kg.

3.2.2. AGONIS RESEPTOR ALPHA ADRENERGIK7,13
Agonis reseptor alpha adrenergik (Klonidin) dilaporkan dapat menurunkan agresivitas, temper tantrum, impulsivitas dan hiperaktivitas. Mulai dengan dosis rendah: 0,025-0,05 mg 2 kali/hari dinaikkan secara bertaap sampai dosis maksimum 0,3-0,6 mg/hari dalam 3-4 kali/hari.

3.2.3. BETAADRENERGIK BLOCKER7,13
Beta adrenergik blocker (Propanolol) dipakai dalam mengatasi agresivitas terutama yang disertai dengan agitasi dan anxietas. Dosis: 1-5 mg/kg/hari atau lebih.

3.2.4. POTENT LONG ACTING OPIOID ANTAGONIST7,13
Potent long acting opioid antagonist (Naltrekson) memiliki potensi untuk mengatasi perilaku melukai diri sendiri dan ritual, dosis: 0,5-2 mg/kg/hari.

3.2.5. SPESIFIK SEROTONIN REUPTAKE INHIBITOR (SSRI) 7,13
SSRI digunakan untuk mengatasi perilaku stereotipik seperti perilaku yang melukai diri sendiri, resisten terhadap perubahan hal-hal rutin, ritual obsesif dengan anxietas yang tinggi. Pemberian SSRI dimulai dari dosis terkecil dan secara bertahap dinaikkan sampai mencapai dosis terapeutik.
• Fluoxetine.
• Fluvoksamin.

3.2.6. NEUROLEPTIK7,13
• Neuroleptik tipikal potensi rendah (Thioridazine).
Dapat menurunkan agreivitas dan agitasi. Dosis: 0,5-3 mh/kg/hari, dibagi dalam 2-3 kali/hari.
• Neuroleptik tipikal potensi tinggi (Haloperidol dan Pimozide).
Dalam dosis kecil: 0,25-3 mg/hari, dapat menurunkan agresivitas, hiperaktivitas, iritabilitas dan stereotipik.
• Neuroleptik atipikal (Risperidon).
Bila digunakan dalam dosis yang direkomendasikan: 0,5-3 mg/hari dibagi dalam 2-3 kali/hari, dapat dinaikkan 0,25 mg setiap 3-5 hari sampai dosis inisial tercapai 1-2 mg/hari dalam 4-6 minggu, akan tampak perbaikan pada hubungan sosial, atensi dan gejala obsesif.

3.2.7. ANTI EPILEPSI8
Anti epilepsi (Asam valproat) digunakan bila penderita autisme mengalami epilepsi (1/3 kasus autisme mengidap epilepsi).

3.2.8. NOOTROPIK8
Nootropik (Pirasetam) digunakan untuk memperbaiki gangguan perkembangan bahasa, karena terbukti obat ini mampu memperbaiki fungsi hemisfer kiri otak.




BAB IV
PENUTUP

Pemahaman mengenai etiologi, diagnosis dan penatalaksanaan autisme pada anak-anak selalu berubah secara dramatis sejak 2 dekade terakhir. Dari berbagai penelitian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa diagnosis dini autisme merupakan hal penting yang akan mempengaruhi outcome dari penatalaksanaan autisme.
Pada individu dengan autisme diperlukan bantuan manajemen terapi yang komprehensif dan terpadu antar disiplin ilmu yang terkait, agar dapat tercapai target terapi seperti yang diharapkan. Mengingat masing-masing individu dengan autisme adalah unik, tidak ada yang sama satu dengan yang lain (kembar sekalipun), maka pendekatan manajemen terapi yang diberikan juga sebaiknya disesuaikan dengan masing-masing kondisi anak. Dukungan keluarga sangat diperlukan untuk mendukung keberhasilan terapi. Selain itu dapat juga digunakan terapi dengan menggunakan video game mindlight yang terbukti dapat mengurangi gejala kecemasan pada anak autisme.
Sebaiknya tidak menunda pemberian terapi, sedini mungkin, agar anak dapat menerima yang sesuai dan adekuat sehingga dapat berkembang seoptimal mungkin. Tidak ada kata terlambat, lebih baik terlambat daripada tidak diterapi sama sekali.













DAFTAR PUSTAKA


1. Bryson SE, Rogers SJ, Fombonne E. Autism : Early Detection, Intervention, Education, and Psychopharmacological Management. Can J Psychiatry, Vol 48, No 8, September 2003 : 506-514.
2. Budhiman M. Penanganan Autisme Secara Komprehensif. Dalam: Seminar dan Workshop on Fragile-X, Mental Retardation, Autism and Related disorders. Semarang. 2002: 46-60.
3. Depkes RI, 1993; Selvi, Vineeta, & Paul, 2010; Guerra, 2011; Rai, 2011, dan Dufault et al, 2012
4. Edi TMSO. Diagnosis Dini Autisme. Dalam: Penatalaksanaan Holistik Autisme. Jakarta. 2000: 9-12.
5. Faradz SMH. Genetic Evaluation of Autism with Special Reference to Fragile-X Syndrome. Dalam: Konferensi Nasional AutismeI.Jakarta. 2003: 8-14.
6. Ginanjar, 2007 dan The National Institute of Child Health and Human Development & U.S. Department of Health and Human Services, 2005
7. Gunadi T. Snoezelen. Dalam: Penatalaksanaan Holistik Autisme. Kongres Nasional Autisme Indonesia Pertama. Penerbit Bagian Ilmu Penyakit Dalam FKUI. Jakarta. 2003: 43-51.
8. Handojo Y. Manajemen Tata Laksana Terapi Perilaku Anak Dengan Kebutuhan Khusus (Autisme). Dalam: Penatalaksanaan Holistik Autisme. Kongres Nasional Autisme Indonesia Pertama. Penerbit Bagian Ilmu Penyakit Dalam FKUI. Jakarta. 2003: 153-163.
9. Hartono B. Aspek Medik Autisme Infantil. Media Medika Indonesiana, Vol.33, No.4, Penerbit FK Undip Semarang, 1998: 209-213.
10. Lieke, et all. 2015. The Effect of the Video Game Mindlight On Anxiety Symptoms in Children With an Autism Spectrum Disorder. Biomed Central Psychiatry : Netherlands
11. Purba JS. Patogenesis Autisme Menuju Tatalaksana Holistik dan Terintegrasi. Dalam: Penatalaksanaan Holistik Autisme. Jakarta. 2000: 321-325.
12. Rahmawati D. Gangguan Berbahasa dan Bicara Pada Anak Dengan Autisme Infantil: Kumpulan Makalah Simposium Neuropediatri “The Child Who Does Not Speak”. Penerbit FK Undip Semarang, 2002: 15-23.
13. Sadock, Benjamin James; Sadock, Virginia Alcott.2010. Kaplan & Sadock's Buku Ajar Psikiatri Klinis, 2nd Edition; EGC.Jakarta.
14. Setiyono A. Terapi Sensori Terintegrasi. Dalam: Penatalaksanaan Holistik Autisme. Kongres Nasional Autisme Indonesia Pertama. Penerbit Bagian Ilmu Penyakit Dalam FKUI. Jakarta. 2003: 35-41.
15. Setyowatie FFS. Olah Musik Bagi Anak Dengan Kebutuhan Khusus (Autisme). Dalam: Penatalaksanaan Holistik Autisme. Kongres Nasional Autisme Indonesia Pertama. Penerbit Bagian Ilmu Penyakit Dalam FKUI. Jakarta. 2003: 185-203.
16. Supargo A. Farmakoterapi Pada Autisme. Dalam: Penatalaksanaan Holistik Autisme. Kongres Nasional Autisme Indonesia Pertama. Penerbit Bagian Ilmu Penyakit Dalam FKUI. Jakarta. 2003: 43-51.
17. Wahyuni LK. Penatalaksanaan Problem Oromotor Pada Autisme. Dalam: Penatalaksanaan Holistik Autisme. Kongres Nasional Autisme Indonesia Pertama. Penerbit Bagian Ilmu Penyakit Dalam FKUI. Jakarta. 2003: 43-51.
18. WidyawatiI. Manajemen Multidisplin Pada Individu Autisme. Dalam: Konferensi Nasional Autisme I. Jakarta. 2003: 61-66.

fitrah

Posts : 1
Reputation : 0
Join date : 23.04.16

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik