Euforia & Neurotransmitter

View previous topic View next topic Go down

Euforia & Neurotransmitter

Post by nandar on Wed Oct 14, 2015 3:16 am

A. EUFORIA, ELASIA, & EKSTASIA

Eforia merupakan rasa riang, gembira, senang, bahagia yang berlebihan; bila tidak sesuai dengan keadaan maka ini menunjukkan adanya gangguan jiwa; jika lebih keras lagi dinamakan “elasi” dan jika keras sekali dinamakan “exaltasi”.
(Maramis, W.F., 2005. Catatan Ilmu Kedokteran Jiwa. Airlangga University Press: Surabaya)

Euforia : elasi yang intens disertai rasa kebesaran.
Elasia : perasaan gembira, euforia, kemenangan, kepuasan diri yang intens, atau optimisme.
Ekstasia : rasa nikmat yang intens

(Sadock, B.J. and Virginia, A.S., 2010. Kaplan & Sadock Buku Ajar Psikiatri Klinis. Edisi 2. EGC: Jakarta)


B. NEUROTRANSMITTER DOPAMIN, NOREPINEFRIN, EPINEFRIN, dan SEROTONIN


DOPAMIN

Neuron dopamin berjumlah sebanyak setengah juta sel-sel di otak dan merupakan persentase yang sangat kecil dari total 100 miliar sel dari tiga nukleus utama (lihat gambar 4.4). Substansia nigra terletak di otak tengah bagian ventral dan berproyeksi ke arah kaudatus dan putamen (secara kolektif disebut striatum). Lintasan ini disebut sistem nigrostriatal atau sistem mesostriatal. Sebagai bagian dari ganglia basal lintasan ini merupakan bagian integral dari gerakan volunter. Penyakit Parkinson merupakan hasil dari hilangnya neuron dopamin di substansia nigra. Efek samping ekstrapiramidal karena obat antipsikotik dapat menginduksi gejala parkinsonian oleh blokade neuron dopamin ini.
Sel-sel dari area tegmental ventral, juga di otak tengah bagian ventral, berproyeksi ke nukleus accumbens, korteks prefrontal, amigdala, dan hipokampus. Innervasi ini, yang disebut sistem dopamin mesolimbokortikal, sangat padat pada primata. Beberapa penulis membagi cabang ini menjadi 2 yaitu mesolimbik (nucleus accumbens, amigdala, dan hipokampus) dan mesokortikal (korteks prefrontal), yang tampaknya terbuat dari sel tubuh yang sama.



Lintasan pendek dalam nukleus arkuata dari hipothalamus - disebut sistem dopamin tuberoinfundibular - pelepasan dopamin ke dalam vena portal kelenjar hipofisis. Sintesis dan pelepasan prolaktin di hipofisis anterior dihambat oleh dopamin ini. Setiap proses yang mengganggu aksi dopamin pada sel-sel yang memproduksi prolaktin akan menyebabkan hiperprolaktinemia. Oleh karena itu, obat-obatan antipsikotik yang menghambat reseptor dopamin dapat menyebabkan peningkatan prolaktin, meskipun tampaknya hanya sedikit dengan agen antipsikotik yang lebih baru untuk alasan yang tidak jelas.

GANGGUAN NEUROTRANSMITER DOPAMIN

Cabang-cabang ke nukleus accumben yang terlibat dengan balasan dan penyalahgunaan zat. Cabang-cabang ke korteks prefrontal yang terlibat dengan perhatian dan kognisi, dan tampaknya akan terganggu pada pasien dengan attention deficit hyperactivity disorder (ADHD). Beberapa berspekulasi bahwa masalah dengan sistem mesolimbik menyebabkan gejala positif skizofrenia sedangkan gejala negatif disebabkan oleh gangguan dalam sistem mesokortikal.

NOREPINEFRIN

Disebut noradrenalin di Inggris dan dikenal sebagai neuron noradrenergik, neuron ini mengandung enzim tambahan di terminal yang mengonversi dopamin menjadi norepinefrin. Sekitar 50% dari neuron norepinefrin terletak di lokus coeruleus. manusia memiliki dua di setiap sisi batang otak dengan sekitar 12.000 neuron di masing-masing nukleus. Sisa dari neuron norepinefrin ditemukan dalam kelompok bebas dalam formasio reticular medula (lihat gambar 4.5).



Meskipun jumlahnya kecil, neuron noradrenergik ini sangat penting. Neuron ini memproyeksikan ke hampir setiap daerah otak dan medula spinalis. Misalnya, mencit yang kekurangan norepinefrin tidak bisa bertahan hidup. Neuron norepinefrin memainkan peran penting dalam kewaspadaan. Pelepasan dari locus coeruleus meningkat sepanjang spektrum dari mengantuk sampai waspada, dengan kadar yang terendah berhasil ditemukan saat kita tidur dan tertinggi ketika kita sangat waspada. Secara jelas, neuron noradrenergik penting dalam penanganan bahaya. Dalam situasi yang mengancam, locus coeruleus aktif seperti neuron simpatik dari sistem saraf otonom (ANS) di mana neuron noradrenergik perifer ditemukan.


Norepinefrin dibersihkan dari celah sinaptik oleh transporter reuptake yang juga mampu mengambil dopamin - kemungkinan besar karena kesamaan struktur dari kedua neurotransmitter ini (lihat Gambar 4.4). Hal ini mungkin menjelaskan mengapa atomoxetine, norepinefrin reuptake inhibitor menyebabkan peningkatan dopamin (sama halnya dengan norepinefrin) di korteks prefrontal meskipun tidak menghambat pompa reuptake dopamin.

PENGOBATAN PADA NOREPINEFRIN

Aktivitas noradrenergik yang tidak sesuai, baik secara sentral dan perifer, memainkan peran penting dalam kecemasan dan depresi. Tidak hanya peningkatan denyut jantung sebagai gejala kecemasan tetapi juga tingginya denyut jantung istirahat setelah kecelakaan kendaraan bermotor merupakan  prediktor gangguan stres pasca-trauma kemudian (PTSD). Mengurangi aktivitas neuron ini merupakan salah satu tujuan dari pengobatan farmakologi.
Baru-baru ini, Administrasi Makanan dan Obat (FDA) menyetujui stimulasi nervus vagus (VNS) sebagai pengobatan depresi yang resisten. Sinyal yang masuk ke otak dari nervus vagus memberikan lokus ceruleus dengan informasi tentang keadaan organ internal. Dalam kondisi sangat waspada seperti kecemasan kronis, informasi dari nervus vagus meningkatkan aktivitas lokus seruleus dan neuron norepinefrin. Stimulasi nervus vagus (VNS) dapat bekerja melalui modulasi dari lokus seruleus dan sistem norepinefrin.


EPINEFRIN


Neuron Epinefrin (adrenalin) jumlahnya sedikit dan memainkan peran yang kecil dalam sistem saraf pusat. Sebagian besar epinefrin dalam tubuh diproduksi di medula adrenal dan dieksresi dengan stimulasi simpatis. Oleh karena itu, epinefrin memainkan peran yang lebih besar di luar otak sebagai hormon daripada sebagai neurotransmitter.




SEROTONIN (5-HYDROXYTRIPTAMINE)


Serotonin disintesis dari triptofan yang harus diperoleh dalam makanan (lihat Gambar 4.6). Berbeda dengan katekolamin, kadar serotonin di otak dapat diturunkan secara signifikan dengan diet cukup triptofan (biji-bijian, daging, dan produk susu merupakan sumber triptofan yang baik). Di kelenjar pineal ada dua enzim tambahan yang mengkonversi serotonin menjadi melatonin.

Lokasi badan sel dan distribusi neuron serotonin yang mirip dengan katekolamin (lihat Gambar 4.7). Sel tubuh relatif sedikit jumlahnya (sekitar 200.000) dan berada di nukleus raphe di batang otak. Seperti norepinefrin, neuron serotonin berproyeksi pada hampir semua area otak.



GANGGUAN SEROTONIN

Seperti yang kita ketahui, neuron serotonin memainkan peran penting dalam depresi dan kecemasan, dan juga terlibat dalam siklus tidur-bangun. Serotonin, seperti halnya katekolamin, dikeluarkan dari celah sinaptik oleh reuptake dari neurotransmitter dengan transporter serotonin. Hal Ini memblokade dari proses yang diyakini menghasilkan efek terapi dari antidepresan pada umumnya. Meskipun meningkatkan ketersediaan serotonin di celah sinaps telah terbukti memiliki nilai terapi untuk pengobatan depresi, masih belum jelas apakah kekurangan serotonin merupakan bagian dari etiologi terjadinya gangguan ini.

Higgin, E.S., and Mark, S.G., 2007. The Neuroscience of Clinical Psychiatry; The Pathophysiology of Behaviour and Mental Illness. 1st edition. Lippincott William and Wilkins: Philadelphia.

nandar

Posts : 6
Reputation : 0
Join date : 2015-09-19
Age : 26

View user profile

Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top


 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum